25.1.16

10 Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan

10 Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan,- Air adalah komponen utama dari tubuh manusia. Bahkan, tubuh terdiri dari air antara 55 sampai 78 persen, tergantung pada ukuran tubuh. Konsumsi air yang cukup dan teratur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sebagai nilai tambah, air tidak memiliki kalori, lemak , karbohidrat atau gula.

http://www.infoduniakesehatan.com/
Jumlah air yang Anda konsumsi sehari-hari berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Para ahli merekomendasikan minum delapan sampai 10 gelas air setiap hari untuk menjaga kesehatan yang baik. Selain itu, Institute of Medicine telah menetapkan asupan total minuman per hari menjadi sekitar tiga liter atau 13 gelas untuk pria dan 2,2 liter atau sembilan gelas untuk perempuan. Namun, di negara kita lebih populer seruan minum 8 gelas air per hari.

Air membantu menjaga tubuh terhidrasi dengan baik, yang penting karena hampir setiap sel dalam tubuh membutuhkan air untuk berfungsi dengan baik. Tidak dapat dipungkiri, selain sinar matahari, air merupakan elemen penting lain yang menunjang kehidupan. Bayangkan saja, bila di bumi tidak ada air, maka hampir bisa dipastikan tidak akan ada kehidupan. Dibalik perannya yang sangat penting bagi kehidupan, ternyata air juga memberikan manfaat untuk kesehatan.

Berikut ini 10 manfaat minum air putih untuk kesehatan:

1. Meredakan Kelelahan

Jika Anda sering merasa lelah, ada kemungkinan tinggi bahwa hal itu bisa jadi karena konsumsi air yang tidak memadai, yang membuat fungsi tubuh kurang efisien. Bahkan, kelelahan adalah salah satu tanda-tanda pertama dari dehidrasi.

Ketika ada sedikit air di dalam tubuh, ada penurunan volume darah yang menyebabkan jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah beroksigen dalam aliran darah, dan organ utama lainnya juga bekerja kurang efisien. Jadi, minum air yang cukup dapat membantu fungsi tubuh Anda lebih baik dan mengurangi kelelahan.

2. Meningkatkan Mood

Penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi ringan (bahkan tingkat hidrasi satu atau dua persen lebih rendah dari hidrasi dari optimal) negatif dapat mempengaruhi suasana hati Anda dan kemampuan berpikir.

Sebuah studi kecil yang dilakukan pada 25 wanita dan diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa dehidrasi dapat mempengaruhi suasana hati Anda dan fungsi cognitiive. Warna urin Anda adalah indikator yang baik dari tingkat hidrasi. Pemantik warna semakin baik tingkat hidrasi dan sebaliknya.

3. Mengobati Sakit Kepala dan Migrain

Jika Anda memiliki sakit kepala atau migrain, hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan beberapa bantuan adalah minum banyak air. Sakit kepala dan migrain sering disebabkan oleh dehidrasi.

Dalam studi yang dipublikasikan di European Journal of Neurology, peneliti menemukan bahwa peningkatan asupan air membantu mengurangi jumlah jam dan intensitas sakit kepala pada peserta penelitian.

4. Membantu dalam Pencernaan dan Sembelit

Air juga meningkatkan fungsi saluran pencernaan. Hal ini membantu dalam pencernaan dan mencegah sembelit. Air yang tidak memadai dalam tubuh sering menyebabkan sembelit dimana usus besar menarik air dari kotoran untuk menjaga hidrasi, sehingga membuat mereka sulit untuk lulus.

Minum air yang cukup meningkatkan metabolisme Anda dan membantu tubuh memecah makanan. Hal ini membantu kerja sistem pencernaan Anda menjadi baik dan membuat gerakan usus yang teratur. Air hangat, khususnya, baik untuk kesehatan pencernaan.

5. Menurunkan Berat Badan

Dalam percobaan klinis, para ilmuwan menemukan bahwa minum dua gelas delapan ons air sebelum makan dapat membantu menekan nafsu makan dan karenanya mendukung upaya penurunan berat badan Anda. Bila Anda minum air sebelum makan, hal itu akan mengurangi kecenderungan untuk makan lebih banyak.

Plus, hal ini membantu meningkatkan tingkat di mana tubuh membakar lemak, dan membantu dalam hal kerusakan dan penghapusan sel-sel lemak.

Air putih bebas kalori juga merupakan pengganti yang besar untuk minuman tinggi kalori seperti alkohol, minuman bersoda manis dan soda yang sering menyebabkan peningkatan berat badan.

6. Mengeluarkan Racun

Air merupakan komponen yang sangat baik karena membantu mengeluarkan racun dari tubuh Anda dan menyingkirkan sampah terutama melalui keringat dan urin. Hal ini juga meningkatkan fungsi ginjal dan mengurangi batu ginjal dengan mengencerkan garam dan mineral dalam urin yang menyebabkan batu ginjal.

Meskipun Anda perlu minum jumlah yang cukup air sepanjang hari, para ahli memperingatkan terhadap minum terlalu banyak air (meskipun jarang) karena dapat mengurangi kemampuan ginjal untuk menyaring limbah.

Jadi, dianjurkan untuk minum jumlah air sesuai kebutuhan tubuh Anda. Jumlah air yang dibutuhkan oleh tubuh cenderung berbeda dari satu orang ke orang lain.

7. Mengatur Suhu Tubuh

Jumlah cukup air dalam tubuh juga membantu mengatur suhu tubuh. Sifat termal air dan kemampuannya untuk melepaskan panas dari tubuh ketika keringat menguap dari permukaan kulit sangat membantu mempertahankan suhu tubuh.

Suhu tubuh yang diatur dengan baik juga akan membuat Anda merasa lebih energik saat berolahraga. Air juga membantu menjaga sendi dan otot tetap dilumasi, sehingga mencegah kram dan keseleo.

8. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Air membuat tubuh terhidrasi dengan baik dan meningkatkan aliran darah kapiler, yang membantu kulit tampak lebih muda dan sehat. Air membantu mengisi jaringan kulit, melembabkan kulit dan meningkatkan elastisitas kulit Anda.

Ketika tubuh mendapatkan cukup air, kulit Anda akan merasa lembab dan akan terlihat segar, lembut, bercahaya dan halus. Juga, air membantu mencegah dan menghilangkan garis halus, bekas luka, jerawat, kerutan dan gejala penuaan lainnya.

9. Memulihkan Kesadaran Ketika Mabuk

Minum air bekerja sebagai cara sederhana namun efektif untuk menyingkirkan mabuk. Jika Anda minum banyak air setelah minum alkohol, maka hal itu dapat menyebabkan Anda buang air kecil lebih dari yang Anda lakukan sebagai mana biasanya. Dengan demikian, air membantu rehydrate tubuh dan mempercepat pemulihan.

Para ahli merekomendasikan minum 16 sampai 20 ons air pada malam hari sebelum tidur setelah Anda meminum terlalu banyak alkohol.

10. Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut adalah tanda yang jelas bahwa Anda mungkin tidak minum air yang cukup. Jika Anda minum air yang cukup, itu akan membuat mulut Anda lembab dan menyapu partikel makanan dan bakteri. Hal ini juga melemahkan senyawa bau yang menciptakan bakteri mulut.

Jadi, minum air yang cukup dan juga bilas mulut Anda dengan air, terutama setelah makan atau makanan ringan untuk mengontrol bau dan menghilangkan bakteri dan sisa-sisa makanan terselip di antara gigi Anda dan garis gusi.

Kesimpulannya, sangat penting bagi Anda untuk minum jumlah yang cukup air setiap hari. Hal itu bertujuan untuk mendapatkan berbagai manfaat kesehatan dari air. Seiring dengan air, juga konsumsi lebih banyak buah dan sayuran yang tinggi kadar air. Itulah informasi mengenai 10 manfaat minum air putih untuk kesehatan. Semoga informasi yang kami sajikan dapat bermanfaat untuk Anda.