16.2.16

Bahaya Makan Mie Instan Terlalu Sering

Bahaya Makan Mie Instan Terlalu Sering,- Mie instan adalah makanan cepat saji yang sangat banyak penggemarnya. Biasanya, makanan ini banyak ditemukan di antara mahasiswa, pelajar dan orang-orang yang merantau atau jauh dari rumah. 

Memang mie instan memiliki rasa yang enak dan lezat, begitu banyak orang kecanduan makanan ini. Sedangkan mengkonsumsi mie instan terus menerus sangat berbahaya bagi kesehatan. Banyak orang tua tidak tahu bahwa mie instan sangat berbahaya sehingga mereka tidak peduli ketika anak-anak mengkonsumsi makanan ini. Bahaya mie instan bagi kesehatan tidak langsung terlihat, namun perlahan Anda akan merasa tidak nyamanseperti kembung, gas, gangguan pencernaan, dll.

Mengapa bahaya mie instan bagi kesehatan sangat besar? Mie instan yang terbuat dari karbohidrat olahan yang sedikit serat. Hal ini akan mendorong peningkatan pesat dalam gula darah, berat badan dengan cepat dan beberapa masalah kesehatan lain yang sangat berbahaya. Selain itu, mie instan juga mengandung pewarna, pengawet yang juga berkontribusi terhadap kerusakan kesehatan Anda. Berikut adalah bahaya makan mie instan terlalu sering.

1. Merusak pencernaan

Anda suka dengan makanan cepat saji seperti mie instan? sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi makanan tersebut terlalu sering. Cukup untuk makan sebulan sekali, jika tidak maka pencernaan Anda akan rusak. Makan mie instan dengan rutin akan membuat masalah pada pencernaan Anda. Anda akan merasa sakit perut, diare, pembakaran jantung, lambung, kembung dan perasaan berat.

2. Tekanan darah tinggi

Mie instan mengandung banyak sodium yang bisa merangsang peningkatan tekanan darah, kerusakan ginjal, retensi cairan di tangan dan kaki. Bahaya makan mie instan akan sangat berbahaya bagi mereka yang telah mengalami tekanan darah tinggi dan ginjal.

3. Menurunkan metabolisme

Selanjutnya, bahaya mie instan untuk kesehatan adalah mengurangi metabolisme tubuh. Ini akan menambah berat badan secara drastis. Ini adalah efek dari racun terakumulasi dalam tubuh karena banyak makan mie instan. Racun dalam mie instan berasal dari rasa, warna dan pengawet yang ada.

4. Mono Sodium Glutamat ( MSG )

Bahaya mie instan selanjutnya berasal dari MSG atau monosodium glutamat yang terdapat dalam mie instan. MSG ditambahkan dalam mie instanagar rasanya lezat. Penelitian mengungkapkan bahwa MSG itu bahaya karena dapat menyebabkan kerusakan otak, penyakit ginjal dan penyakit lainnya. Orang yang alergi terhadap mie instan kadang-kadang juga menyebabkan nyeri dada, sakit kepala, dan masalah lainnya.

5. Mengandung wax

Wax adalah salah satu bahan yang menyebabkan mie instan berbahaya. Ini adalah zat lilin yang mencegah mie berkerumun antara satu sama lain. Jadi, ketika mie direndam dalam air panas, Anda akan melihat lapisan lilin mengambang di permukaan air. Konten lilin dari mie instan dapat menjadi penyebab masalah perut dan sembelit.

6. Menyebabkan kanker

Bahaya mie instan berikutnya karena mengandung beberapa bahan yang dikenal untuk memicu kanker. Terutama mie instan dikemas dengan cangkir. Mie cangkir tempat mengandung banyak zat berbahaya dalam waktu tertentu dapat dicampur dengan mie instan.

7. Kerusakan hati

Tidak hanya berisi lilin, mie instan juga mengandung humectant, adalah zat yang membuat mie antibeku. Zat ini sangat berbahaya dan dikatakan bisa menyebabkan kerusakan hati dan ginjal. Tidak hanya merusak hati dan ginjal, namun zat ini juga menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh.

8. Gas, kembung dan masalah pencernaan

Mie instan sangat mudah dibuat dan disajikan. Namun, Anda perlu tahu bahwa mie instan sulit dicerna oleh pencernaan. Mie cenderung menempel usus, ini alasan mengapa mie instan sering menyebabkan penumpukan gas di dalam perut.