13.2.16

10 Manfaat Minum Kopi Setiap Hari

10 Manfaat Minum Kopi Setiap Hari,- Kopi merupakan salah satu minuman terfavorit di dunia, dan sebagian besar masyarakat di dunia meminum kopi setiap hari. Alasannya, aroma yang menggoda dan rasa yang luar biasa menjadi daya tarik kopi bagi setiap orang.

http://www.infoduniakesehatan.com/
Kopi mungkin sering dikaitkan dengan beberapa penyakit. Namun, terlepas dari itu, sebenarnya kopi sangat sehat. Kopi sarat dengan antioksidan dan nutrisi bermanfaat yang dapat meningkatkan kesehatan Anda. Studi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko jauh lebih rendah dari beberapa penyakit serius. Selain itu, kopi juga memiliki beberapa manfaat lain yang sangat menguntungkan bagi kesehatan.

Tidak sedikit berita yang mengabarkan tentang bahaya dari minum kopi. Namun, bahaya tersebut sebenarnya bisa kita hindari asalkan kita tidak berlebihan dalam mengkonsumsi kopi. Dibalik maraknya pemberitaan negatif mengenai bahaya kopi, ternyata kopi menyimpan banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah 10 manfaat minum kopi setiap hari:

1. Kopi merupakan sumber antioksidan

Bahkan, kopi menunjukkan lebih banyak mengandung antioksidan dari teh hijau dan kakao, dua makanan dan minuman yang kaya antioksidan. Para ilmuwan telah mengidentifikasi sekitar 1.000 antioksidan dalam biji kopi yang belum diolah, dan ratusan lainnya berkembang selama proses pemanggangan. Sejumlah penelitian telah menyebutkan kopi sebagai besar merupakan sumber antioksidan yang sangat baik.

2. Kafein memberikan dorongan memori jangka pendek

Ketika sekelompok relawan menerima dosis 100 miligram ( mg ) kafein , sekitar sebanyak yang terkandung dalam satu cangkir kopi, peneliti Austria menemukan lonjakan aktivitas otak para relawan, diukur dengan citra resonansi magnetik fungsional ( fMRI ), karena mereka melakukan tugas memori. Para peneliti mencatat bahwa kemampuan memori dan waktu reaksi dari para relawan berkafein juga meningkat jika dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menerima plasebo dan tidak menunjukkan peningkatan aktivitas otak.

3. Kopi dapat membantu melindungi terhadap penurunan kognitif

Selain memberikan dorongan sementara aktivitas otak dan memori, konsumsi kopi secara teratur dapat membantu mencegah penurunan kognitif yang berhubungan dengan penyakit Alzheimer dan jenis demensia. Dalam satu studi di Finlandia, para peneliti menemukan bahwa minum 3-5 cangkir kopi setiap hari pada usia paruh baya dikaitkan dengan 65 persen penurunan risiko Alzheimer dan demensia di kemudian hari. Menariknya, para penulis penelitian juga mengukur pengaruh minum teh pada penurunan kognitif, tetapi tidak menemukan adanya hubungan.

4. Kopi sehat bagi jantung

Sebuah penelitian di Belanda, yang menganalisis data dari lebih dari 37.000 orang selama periode 13 tahun, menemukan bahwa peminum kopi sedang ( yang mengkonsumsi antara dua sampai empat cangkir sehari ) memiliki risiko 20 persen lebih rendah dari penyakit jantung dibandingkan dengan berat atau ringan peminum kopi, dan bukan peminum.

5. Kopi dapat membantu mengekang kanker tertentu

Pria yang minum kopi mungkin berada pada risiko yang lebih rendah terkena kanker prostat agresif. Selain itu, penelitian baru dari Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa minum empat atau lebih cangkir kopi sehari mengalami penurunan risiko kanker endometrium pada wanita hingga 25 persen dibandingkan dengan wanita yang minum kurang dari satu cangkir sehari. Para peneliti juga menemukan hubungan antara reguler minum kopi dan tingkat yang lebih rendah hati, usus besar, payudara, dan kanker dubur.

6. Kopi dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2

Sebuah badan penelitian menunjukkan hubungan antara minum kopi dan penurunan risiko diabetes. Sebuah studi 2009 menemukan bahwa risiko diabetes berkembang turun 7 persen untuk setiap cangkir kopi sehari-hari. Sebelumnya studi epidemiologi melaporkan bahwa peminum kopi berat ( orang-orang yang secara teratur minum empat atau lebih cangkir sehari ) memiliki risiko 50 persen lebih rendah terkena diabetes dibandingkan peminum ringan atau bukan peminum.

7. Kopi menyehatkan hati

Selain menurunkan risiko kanker hati, konsumsi kopi telah dikaitkan dengan insiden yang lebih rendah dari sirosis, terutama sirosis alkoholik. Sebuah studi dalam Archives of Internal Medicine menunjukkan korelasi terbalik antara peningkatan konsumsi kopi dan penurunan risiko sirosis, pengurangan 20 persen untuk setiap cangkir dikonsumsi ( hingga empat cangkir ).

8. Kopi dapat meningkatkan kinerja olahraga

Sebagian orang percaya bahwa kafein menyebabkan dehidrasi. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa moderat kafein konsumsi sampai sekitar 500 mg, atau sekitar 5 cangkir per hari tidak akan menyebabkan dehidrasi. Selain itu, kopi membantu menghilangkan kelelahan, memungkinkan Anda untuk berolahraga lebih lama.

9. Kopi membatasi depresi

Beberapa penelitian telah menghubungkan minum kopi dengan tingkat depresi yang lebih rendah pada laki-laki dan perempuan. Dalam beberapa penelitian, data yang disarankan hubungan terbalik antara konsumsi kopi dan depresi. Dengan kata lain, peminum kopi berat tampaknya memiliki risiko terendah ( hingga 20 persen ) dari depresi.

10.Kopi melindungi terhadap asam urat

Studi independen pada pola konsumsi kopi pria dan wanita menunjukkan bahwa minum kopi secara teratur mengurangi risiko gout berkembang. Para peneliti di Studi Nurses Health menganalisis kebiasaan kesehatan hampir 90.000 perawat wanita selama 26 tahun dan menemukan korelasi positif antara konsumsi kopi jangka panjang dan penurunan risiko gout atau asam urat.

Itulah 10 manfaat minum kopi yang bisa Anda ketahui. Mulailah mengkonsumsi kopi secara rutin untuk mendapatkan beragam manfaat didalamnya. Namun, perlu diingat, jangan mengkonsumsinya terlalu berlebihan karena itu tidak baik.