27.2.16

Penyakit Yang Sering Menyerang Saat Musim Hujan

Penyakit Yang Sering Menyerang Saat Musim Hujan,- Musim hujan identik dengan cuaca dingin yang membuat kita malas untuk melakukan rutinitas keseharian dan lebih memilih untuk menghabiskan waktu dirumah atau sekedar tidur sepanjang hari.

penyakit yang sering menyerang saat musim hujan
Namun, musim hujan tidak hanya melulu soal itu. Banyak penyakit yang mengintai kita pada saat musim hujan berlangsung. Oleh karenanya, apabila kita tidak waspada, mungkin salah satu penyakit dapat menyerang kita.

Sistem kekebalan tubuh akan mudah terganggu pada saat musim hujan. Oleh karena itu, banyak orang mudah terkena penyakit. Kita dituntut untuk selalu sigap menjaga kesehatan agar tidak terkena penyakit. Berikut ini penyakit yang sering menyerang saat musim hujan.

Malaria

Dalam daftar penyakit yang seing menyerang saat musim hujan, posisi teratas ditempati oleh malaria. Nyamuk Anopheles betina menyebabkan malaria, mereka biasanya berkembang biak di daerah yang tergenang air. Dengan demikian, bersihkan tangki air Anda sesering mungkin untuk menghindari risiko malaria. Gejala umum dari malaria adalah demam, menggigil, nyeri otot dan kelemahan.

Diare

Ini adalah penyakit umum lain selama musim hujan, yang disebabkan karena konsumsi yang tidak higienis atau penanganan makanan dan air. Ada dua jenis utama diare, diare akut dan diare kronis. Kedua hal ini sangat bisa dicegah dan diobati. Untuk mencegah masalah usus ini, jagalah kebersihan yang layak, mencuci tangan sebelum memegang makanan dan hanya minum air yang dimasak terlebih dahulu.

Demam berdarah

Demam berdarah adalah penyakit umum saat musim hujan yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Gejala umum dari demam berdarah adalah demam, nyeri tubuh, nyeri sendi dan ruam. Untuk menghindari menjadi korban dari nyamuk Aedes, gunakan obat nyamuk dan menutup diri dengan baik dengan pakaian.

Chikungunya

Chikungunya yang ditularkan oleh gigitan nyamuk aedes terinfeksi albopictus. Nyamuk ini berkembang biak di air mengalami stagnasi dan menggigit di siang hari yang cerah. Gejala umum dari chikungunya termasuk mendadak demam, yang disertai dengan nyeri sendi. Untuk mencegah penyakit musim hujan ini membersihkan wadah air Anda secara teratur dan menggunakan obat nyamuk.

Penyakit tipus

Bakteri S. Typhi menyebabkan tifus, yang ditularkan melalui mengonsumsi air yang terkontaminasi atau melalui makanan. Sanitasi yang buruk juga menyebabkan penyakit ini menyebar. Gejala umum dari tifus adalah demam, sakit kepala, lemah, nyeri dan sakit tenggorokan. Untuk mencegah terjadinya masalah ini mencuci tangan secara teratur, menghindari mengkonsumsi makanan di pinggir jalan dan minum banyak cairan sehat.

Kolera

Kolera adalah penyakit musim hujan yang mematikan. Kolera biasanya disebabkan karena mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi dan juga air. Hal ini juga disebabkan karena kondisi higienis yang buruk. Diare berat adalah gejala yang paling umum dari kolera. Salah satu cara yang dapat mencegah terjadinya kolera adalah dengan minum air bersih dan menjaga kebersihan yang layak.

Infeksi perut

Penyakit yang sering menyerang saat musim hujan yang terakhir adalah infeksi perut serius seperti gastroenteritis, yang dapat menyebabkan muntah, diare dan sakit perut. Untuk mencegah masalah perut, hindari makan makanan pinggir jalan, minum air yang direbus dan minum banyak cairan.