23.3.16

Diet Yang Tepat Untuk Penderita Gagal Jantung

Diet Yang Tepat Untuk Penderita Gagal Jantung,- Diet sangat penting dalam pengobatan gagal jantung. Sodium adalah nutrisi utama yang harus dikendalikan dalam rangka meningkatkan status gagal jantung Anda ( mencegah penumpukan cairan ). 

diet untuk gagal jantung
Selain sodium, masih ada beberapa nutrisi atau zat lainnya juga berperan serta. Gagal jantung dapat menjadi lebih parah jika diet dan obat-obatan rekomendasi untuk gagal jantung tidak diikuti. Obat-obatan dan terapi diet yang paling efektif bila digunakan bersama-sama dalam pengobatan gagal jantung.

Mengambil obat-obatan dan mengikuti diet dokter yang telah merekomendasikan untuk Anda akan membuat lebih mudah bagi Anda untuk bernapas dan membantu Anda merasa lebih baik dan dapat melakukan lebih banyak kegiatan normal Anda sehari-hari. 

Seorang ahli diet terdaftar dapat membantu Anda membuat perubahan pola makan yang diperlukan. Dengan menyediakan pedoman makan, perencanaan yang realistis dan secara khusus disesuaikan dengan kebutuhan individu dan preferensi. Berikut ini diet yang tepat untuk penderita gagal jantung.

Sodium

Membatasi natrium untuk membantu mengobati gagal jantung tidak bisa terlalu ditekankan, terutama saat kondisi berlangsung. Jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak sodium, akan menyebabkan tubuh Anda untuk mempertahankan kelebihan cairan. Ini meningkatkan pembengkakan di kaki Anda dan membuat lebih sulit bagi jantung untuk memompa. Makan terlalu banyak sodium bahkan dapat memicu gagal jantung mendadak.

Membatasi natrium dapat membantu Anda merasa lebih baik dan mencegah gagal jantung mendadak. Dokter Anda akan memberitahu Anda berapa banyak sodium yang bisa Anda makan setiap hari. Kebanyakan orang perlu membatasi natrium kurang dari 2.000 mg setiap hari.

Cairan

Asupan cairan tidak dibatasi secara rutin. Ini mungkin dibatasi pada kasus lanjut untuk menjaga keseimbangan elektrolit tubuh Anda. Mengikuti diet rendah natrium akan membantu untuk mengurangi atau menghilangkan kebutuhan untuk pembatasan cairan. Hal ini sangat penting bahwa Anda melihat tanda-tanda menumpuknya cairan ( bengkak atau kenaikan berat badan ) dan melaporkannya kepada dokter Anda.

Kalium

Jika Anda mengambil diuretik, tanyakan kepada dokter Anda apakah Anda perlu mengambil suplemen kalium atau tidak dalam diet Anda. Jika Anda mengambil loop diuretik atau diuretik thiazide, dokter mungkin menyarankan bahwa Anda mendapatkan kalium tambahan karena obat ini menurunkan kadar potasium Anda. Tetapi jika Anda mengambil diuretik hemat kalium, Anda tidak mungkin perlu untuk mendapatkan kalium ekstra dalam diet Anda.

Magnesium

Seperti kalium, kadar magnesium biasanya rendah dengan penggunaan diuretik yang luas. Magnesium berperan dalam berpegang pada kalium dalam tubuh. Jadi jika Anda perlu untuk mengisi kalium, Anda perlu mengkonsumsi cukup magnesium juga untuk mengoptimalkan kemampuan tubuh untuk mempertahankan kalium yang Anda konsumsi.

Sumber makanan yang banyak mengandung magnesium termasuk biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran hijau gelap.

Kalsium dan Zinc
Penggunaan jangka panjang dari diuretik juga dapat menguras tubuh Anda dari kalsium dan Zinc. Kalsium yang cukup juga harus dikonsumsi untuk mencegah keropos tulang, yang dapat terjadi pada orang yang tidak mampu aktif secara fisik. Sumber makanan kalsium yang baik termasuk susu dan produk susu, makanan dan minuman yang diperkaya kalsium, brokoli, dan kale. Sumber makanan yang baik dari segi Zinc seperti daging, kacang-kacangan, ikan ( terutama tiram ), unggas, produk susu.

Itulah cara diet yang tepat untuk penderita gagal jantung. Lakukan metode diet diatas, sebagai langkah untuk mengobati gagal jantung. Meskipun tidak menyembuhkan gagal jantung secara tuntas, namun setidaknya dengan menjalankan diet diatas, Anda bisa sedikit mencegah risiko terburuk yang bisa ditimbulkan gagal jantung.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai dengan topik. Dilarang meninggalkan link aktif pada kolom komentar.