10.3.16

Penyebab Radang Tenggorokan Yang Jarang Diketahui

Penyebab Radang Tenggorokan Yang Jarang Diketahui,- Radang tenggorokan adalah salah satu yang paling umum dari keluhan medis. Sebanyak 1 dari setiap 10 orang menderita radang tenggorokan setiap tahun, dan 40 juta orang dewasa pergi ke dokter dengan keluhan radang tenggorokan.

penyebab radang tenggorokan yang jarang diketahui
Radang tenggorokan adalah salah satu gejala dari berbagai gangguan medis yang berbeda. Infeksi menyebabkan sebagian besar radang tenggorokan, dan ini adalah penyakit yang menular ( dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain ). Infeksi ini dapat disebabkan oleh salah satu virus atau bakteri. Perbedaan yang paling penting antara virus dan bakteri adalah bahwa bakteri merespon dengan baik terhadap pengobatan antibiotik, namun virus tidak. Penyebab Radang Tenggorokan Yang Jarang Diketahui

Berikut ini adalah penyebab radang tenggorokan yang jarang diketahui.

1. Pilek

Infeksi saluran pernapasan atas yang disebabkan oleh virus seperti pilek adalah penyebab paling khas dari radang tenggorokan akut. Biasanya Anda akan mulai merasakannya dengan tenggorokan teriritasi atau hidung tersumbat. Lalu gejala lain seperti batuk, bersin, dan hidung meler. Beberapa virus ini dapat langsung menyerang tenggorokan Anda, yang dapat menyebabkan terbentuknya ulserasi kecil pada lapisan halus faring Anda, terletak amandel.

2. Flu

Radang tenggorokan memang tidak begitu identik dengan virus influenza, tetapi masih bisa muncul saat Anda flu. Batuk ketika flu dapat mengiritasi tenggorokan dan menyebabkannya terasa sakit. Timbulnya flu cenderung jauh lebih dramatis. Anda mungkin akan merasakan nyeri tubuh, demam tinggi, dan kelelahan.

3. Infeksi Bakteri

Radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi seperti bakteri radang tenggorokan atau tonsilitis-bisa parah. Anda mungkin paling akrab dengan radang tenggorokan, yang membuat hanya sekitar 10 persen dari keluhan sakit tenggorokan akut pada orang dewasa. Berbeda dengan pilek dan flu, Anda biasanya tidak akan mengalami bersin-bersin, hidung, atau batuk dengan radang tenggorokan.

4. Mononukleosis

Mononukleosis, atau mono, dikenal sebagai penyakit berciuman, karena itu ditularkan melalui air liur. Ini disebabkan oleh virus Epstein-Barr, dan paling sering terjadi pada orang yang lebih muda. Mono bisa sulit untuk didiagnosa karena bisa datang dengan cepat atau secara bertahap. Gejala umum termasuk sakit tenggorokan, demam, kelelahan yang signifikan, dan bengkak pada kelenjar leher dan ketiak. Gejalanya dapat berfluktuasi, dan dapat berlangsung dari beberapa minggu ke bulan.

5. Alergi

Alergi dikenal dengan demam bersin, mata berair, dan hidung meler yang Anda dapatkan setelah menghirup hal-hal seperti serbuk sari, debu, atau bulu yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada tenggorokan. Biasanya rasanya gatal atau menggelitik lebih dari rasa sakit yang sebenarnya. Makanan tertentu juga bisa menjadi biang keladinya. Mereka menyebabkan iritasi tenggorokan, mulut gatal, atau masalah perut seperti kram atau diare. Penyebab Radang Tenggorokan Yang Jarang Diketahui

6. Laryngopharyngeal Reflux

Laryngopharyngeal refluks, atau LPR, mirip dengan penyakit gastroesophageal reflux (GERD), kecuali bahwa hal itu mempengaruhi tenggorokan. Ini dikenal sebagai "refluks diam", karena sering tidak menimbulkan gejala khas yang Anda rasakan, seperti mulas atau asam lambung. Dalam LPR, asam atau cairan pencernaan berjalan naik dari perut, melalui kerongkongan, dan tenggorokan, di mana mereka mengiritasi jaringan halus.

7. Ketegangan Otot

Anda juga bisa mengalami radang tenggorokan hanya karena menggunakan otot-otot tenggorokan Anda dengan cara yang salah. Hal ini lebih umum pada orang yang memiliki pekerjaan yang mengharuskan mereka untuk berbicara dengan cara yang berlebihan. Mengeluarkan suara terlalu keras atau terlalu sering mengakibatkan ketegangan pada otot tenggorokan, yang akhirnya menyebabkan terjadinya radang tenggorokan. Penyebab Radang Tenggorokan Yang Jarang Diketahui

8. Tumor Tenggorokan

Anda dapat mengembangkan kanker di bagian atas tenggorokan Anda, bawah tenggorokan, atau kotak suara Anda. Orang di usia 40-an dapat didiagnosis, tapi jauh lebih umum di antara orang-orang di usia 50 tahunan, 60-an, dan 70-an. Ini juga biasanya berhubungan dengan merokok atau minum alkohol. Tumor atau kanker tenggorokan ditandai dengan sakit tenggorokan, suara serak yang tidak membaik dalam 2 minggu, kesulitan menelan makanan atau air liur, penurunan berat badan, kesulitan bernapas, atau batuk darah.

Itulah penyebab radang tenggorokan yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Mengingat radang tenggorokan memiliki potensi bahaya yang cukup menakutkan apabila tidak segera diobati, maka kami sarankan Anda jangan menganggap sepele radang tenggorokan. Pengobatan harus dilakukan dengan segera apabila Anda mengalami radang tenggorokan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai dengan topik. Dilarang meninggalkan link aktif pada kolom komentar.