27.7.16

Ciri Ciri Kurap Yang Perlu Diketahui

Ciri Ciri Kurap Yang Perlu Diketahui,- Pada artikel ini, kami akan membahas dan memberikan informasi mengenai apa saja ciri ciri dari penyakit kurap pada kulit. Untuk yang belum mengetahuinya, silahkan simak informasi dari kami berikut ini.

Ciri Ciri Kurap Yang Perlu Diketahui


Kurap adalah jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur. Jamur ini dapat bersarang di tubuh manusia seperti kulit, rambut dan kuku. Dalam istilah medis, kurap disebut sebagai tinea atau infeksi jamur dermatofit. Penamaan kurap atau tinea kemudian akan disesuaikan dengan lokasi dari jamur itu sendiri, kurap tubuh disebut tinea corporis, kurap kulit kepala disebut tinea capitis, untuk kurap yang ada di wajah disebut sebagai tinea facei, sementara kurap pada paha dan kaki yang dikenal sebagai tinea cruris.

Penyebab kurap seperti yang disebutkan sebelumnya adalah karena jamur yang menempel pada kulit, rambut dan kuku. Jamur dapat tumbuh dan berkembang biak dengan baik di tempat yang hangat dan lembab misalnya di kolam renang, kamar mandi, dan di lipatan kulit. Oleh karena itu, kamar mandi umum adalah salah satu tempat yang paling sering menularkan kurap ini. Kurap sangat mudah ditularkan oleh manusia, tetapi juga dapat ditularkan melalui binatang seperti kucing dan anjing.

Penularan ini bisa melalui kontak fisik langsung dengan orang-orang penderita kurap karena spora jamur sangat mudah untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Benda yang telah terkena jamur juga sangat menular misalnya handuk, pakaian, kursi dan banyak lagi. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk orang dengan kurap agar tidak berbagi barang pribadi karena sangat rentan terhadap infeksi jamur kurap. Kelompok usia yang sangat rentan terhadap kurap adalah anak-anak yang biasanya mendapatkan kurap jamur dari tanah karena anak-anak sangat sering bermain di tanah.

Gejala utama dan paling sering dialami oleh orang-orang dengan penyakit kurap adalah munculnya ruam merah yang memiliki bentuk cincin dengan garis-garis yang tidak beraturan di kulit. Ruam ini bisa muncul di mana saja dan dapat melebar di mana saja. Ruam ini biasanya juga akan terasa berminyak dan juga akan terasa gatal yang sangat luar biasa. Jika kurap yang sudah parah dapat melebar dan membentuk benjolan yang berair dan gatal. Berikut adalah beberapa ciri ciri kurap:

1. Jamur pada tubuh bagian atas

Pada kurap yang terjadi di tubuh bagian atas biasanya ditandai dengan munculnya ruam merah pada kulit dengan bentuk melingkar. Ruam merah muncul biasanya terjadi karena iritasi kulit, tapi pada kulit bagian dalam akan tampak normal. Jika kurap sudah semakin parah, itu akan melebar dan lecet dengan gatal yang sangat luar biasa serta terdapat nanah pada garis tepi.

2. jamur pada kulit kepala

Kurap juga sering muncul di kepala yang ditandai dengan munculnya daerah bersisik kecil dan juga kulit akan terasa sakit bahkan bisa menyebabkan kebotakan di area yang terkena kurap karena rambut akan rontok dan menyebabkan kulit kepala menjadi sangat gatal. Jika semakin parah, bisa jadi kurap akan mengeluarkan nanah dan luka akan mengering. Kadang-kadang juga akan muncul luka bengkak besar dan luka dapat mengeluarkan nanah yang akan membuat penderita juga mengalami demam dan kanker kelenjar getah bening.

3. Jamur pada daerah kaki

Selain tubuh bagian atas dan kepala kurap juga dapat muncul pada kaki, pangkal paha dan kuku. Pada remaja, terutama anak laki-laki kurap biasanya muncul di bagian selangkangan dengan gejala kurap pada umumnya. Kurap juga dapat menyebar ke paha dan bokong bagian dalam.

4. Jamur di sela-sela kaki

Ada juga kurap yang muncul di kaki terletak persis di antara jari kaki yang menyebabkan gatal-gatal, kering dan juga membuat kulit menjadi bersisik. Dalam kasus kurap yang cukup parah, itu bisa membuat kaki menjadi bersisik dengan tumit yang juga bersisik. Selain itu, kurap kaki juga biasanya menyebabkan luka lecet, sensasi terbakar dan menyengat pada kulit.

Itulah ciri ciri kurap yang bisa Anda ketahui. Setelah mengetahui apa saja ciri ciri dari kurap, sekarang giliran Anda mengetahui cara mengobatinya. Cara mengobati kurap terbilang mudah, cukup menjaga kebersihan kulit dan tubuh dan hindari tempat yang kotor dan dipenuhi jamur serta bakteri. Dan bila perlu, Anda bisa mencoba obat herbal untuk mempercepat penyembuhan serta mencegah kurap datang kembali setelah Anda sembuh. Informasi mengenai obat herbal untuk kurap bisa Anda baca disini : Obat Bekas Kurap Lama Atau Menahun

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai dengan topik. Dilarang meninggalkan link aktif pada kolom komentar.