1.7.16

Manfaat Menyusui Bagi Ibu Dan Bayi | Toko Acep

Manfaat Menyusui Bagi Ibu Dan Bayi,- Menyusui tidak hanya tindakan alami dan indah antara ibu dan anak, tetapi juga menyediakan sejumlah manfaat kesehatan yang penting bagi ibu dan anak. Berikut ini kami hadirkan informasi lengkap mengenai manfaat menyusui bagi ibu dan bayi.

Manfaat Menyusui Bagi Ibu Dan Bayi


http://www.infoduniakesehatan.com/2016/07/manfaat-menyusui-bagi-ibu-dan-bayi.html
Manfaat menyusui bagi ibu dan bayi termasuk campuran gizi yang ideal untuk bayi Anda, untuk memperkuat kekebalan tubuh, meningkatkan kemampuan kognitif, metabolisme seimbang, dan sebuah penurunan risiko penyakit kronis, selain banyak manfaat penting lain bagi ibu juga.

Menyusui adalah kegiatan memberi susu pada bayi yang dilakukan oleh ibu dengan cara menempelkan puting payudara ibu ke mulut bayi agar susu dapat disedot oleh bayi. Memang, bayi yang baru lahir atau baru berumur beberapa bulan belum bisa mengkonsumsi makanan, maka dari itu ASI menjadi makanan pokoknya.

Dengan menyusu, perkembangan bayi akan banyak terbantu. Selain memberikan manfaat untuk sang bayi, menyusui juga memberikan manfaat tersendiri untuk ibu. Berikut ini adalah manfaat menyusui bagi ibu dan bayi:

Untuk Bayi

  • Meningkatkan Imunitas: Hal ini juga diketahui bahwa aliran konstan nutrisi bermanfaat yang berasal dari ASI disertai dengan antibodi penting dari ibu bayi. Bayi sangat rentan jatuh sakit, dan sering ada komplikasi. Menyusui memberikan garis pertama pertahanan yang kuat terhadap penyakit pada bayi. Bahkan, bayi yang disusui memiliki risiko lebih rendah terhadap asma, penyakit pernapasan, gangguan perut, dan alergi, sehingga efek dari menyusui dapat berlangsung lama ke dalam kehidupan dewasa mereka.
  • Meningkatkan Kemampuan Kognitif: Penelitian telah menemukan bahwa anak-anak yang menyusu mendapat skor lebih tinggi pada tes IQ dan peningkatan umum dalam kemampuan kognitif sebagai anak-anak tumbuh. Kedekatan dan keintiman, serta pengalaman sering kontak fisik, akan membantu bayi mengembangkan hubungan emosional juga, membantu interaktivitas sosial mereka di kemudian hari.
  • Risiko SIDS lebih rendah: Pengurangan  resiko sekitar 50% dalam kejadian SIDS telah ditemukan pada ibu yang menyusui dibandingkan dengan mereka yang tidak. Sindrom Kematian Bayi Mendadak (SIDS) adalah suatu kondisi tragis dan misterius yang membunuh lebih dari 2.500 bayi setiap tahunnya.

Untuk Ibu

  • Menurunkan Berat Badan Setelah Kehamilan: Bila Anda menyusui, bayi secara harfiah mengisap nutrisi dari tubuh Anda, dan banyak yang dalam bentuk lemak dan protein. Itu artinya Anda membakar beberapa kalori hanya dari menyusui, dan mempercepat metabolisme, situasi yang ideal bagi perempuan yang mencoba untuk menurunkan berat badan mereka beberapa bulan setelah melahirkan.
  • Mengurangi Perdarahan Uterus: Salah satu hormon yang dilepaskan ketika menyusui adalah oksitosin, yang dapat membantu melindungi rahim. Perdarahan berlebih sering dapat menyebabkan komplikasi postpartum, dan bahkan meningkatkan kesempatan Anda untuk mengembangkan kanker rahim atau ovarium. Menyusui dapat mengurangi risiko penyakit-penyakit tersebut bagi ibu.
  • Mencegah Kanker Payudara: Semakin lama jumlah waktu yang Anda habiskan menyusui anak-anak Anda, semakin rendah kemungkinan Anda terkena kanker payudara. Temuan ini telah dikuatkan dalam sejumlah studi di seluruh dunia.
  • Tulang Kuat: Salah satu manfaat menyusui adalah bahwa tubuh meningkatkan kemampuannya untuk penyerapan kalsium. Ini berarti proses penyerapan kalsium lebih efisien dan memiliki efek jangka panjang pada tubuh wanita. Bahkan, wanita yang menyusui memiliki resiko 4x lebih kecil kemungkinannya untuk terkena osteoporosis dibanding ibu yang tidak menyusui.

Demikianlah manfaat menyusui bagi ibu dan bayi yang dapat Anda ketahui. Selain memberikan banyak manfaat, meyusui juga merupakan perbuatan yang mulia bagi seorang ibu. Jadi, jangan ragu untuk menyusui bayi Anda.

Baca juga :

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai dengan topik. Dilarang meninggalkan link aktif pada kolom komentar.