1.11.16

Vitiligo - Penyebab, Gejala, Dan Pengobatan

Vitiligo - Penyebab, Gejala, Dan Pengobatan. Vitiligo adalah penyakit yang menyebabkan perubahan pada warna kulit, sehingga timbul bercak putih pada kulit. Kondisi ini juga dapat mempengaruhi warna rambut, warna mata, dan daerah di sekitar mulut, bibir, hidung, rektum, alat kelamin, atau pusar.
http://www.infoduniakesehatan.com/2016/11/vitiligo-penyebab-gejala-dan-pengobatan.html

Vitiligo adalah hasil dari perubahan dalam melanosit, yaitu sel-sel yang membuat pigmen (pewarna) pada kulit dan area lain dari tubuh Anda. Kondisi ini bisa mempengaruhi pria, wanita, dan orang-orang dari setiap ras atau etnis yang sama. Di seluruh dunia, rata-rata penderita vitiligo meningkat dari 0,5 persen menjadi 1 persen dari populasi yang memiliki vitiligo, menurut laporan Journal of American Academy of Dermatology.

Vitiligo ini mempengaruhi orang dari segala usia, meskipun penyakit ini biasanya dimulai ketika seseorang berada di pertengahan usia 20-an, dan setengah dari total penderita vitiligo dimulai sebelum usia 20 tahun. Vitiligo tidak menular. Namun, biasanya kebanyakan orang tidak tahu penyebab dari vitiligo, dan dapat berhubungan dengan penyakit lain. Bercak vitiligo biasanya lebih terlihat jika warna kulit normal Anda gelap.

Penyebab Vitiligo

Vitiligo terjadi ketika melanosit (sel yang membuat warna kulit) mati, atau berhenti memproduksi melanin. Para peneliti menduga vitiligo juga dapat disebabkan oleh:

  • Penyakit autoimun, menyebabkan sistem kekebalan tubuh normal pelindung Anda untuk menyerang sel-sel yang membuat pigmen 
  • Genetika, vitiligo cenderung turun temurun dalam satu keluarga
  • Terpapar bahan kimia industri, terbakar sinar matahari, atau stres

Orang dengan vitiligo lebih mungkin untuk memiliki penyakit autoimun. Penyakit autoimun terjadi ketika sistem kekebalan yang biasa melawan penyakit menyerang sel-sel sehat dalam tubuh Anda sendiri. Penyakit tiroid autoimun adalah kondisi yang paling umum yang terkait dengan vitiligo. Gejala perubahan warna vitiligo biasanya terjadi sebelum atau pada awal penyakit tiroid.

Gejala vitiligo

Kebanyakan orang yang memiliki vitiligo, jika tidak terkait dengan penyakit lain, akan merasa sehat secara fisik. Penyakit vitiligo tidak menyebabkan rasa sakit atau iritasi, tetapi sering mempengaruhi kondisi mental seseorang karena merasa malu. Gejala utama dari vitiligo adalah bercak kulit yang berwarna putih. Ini biasanya mempengaruhi daerah yang terkena sinar matahari, termasuk wajah, bibir, lengan, tangan, dan kaki. Tanda-tanda vitiligo lainnya termasuk:

  • Bercak dari kulit di sekitar ketiak dan pusar
  • Warna rambut menjadi putih atau beruban secara prematur, termasuk rambut di atas kepala, bulu mata, atau rambut wajah (seperti alis dan jenggot)
  • Kehilangan warna dalam selaput lendir, termasuk bibir atau jaringan di dalam mulut, hidung, rektum, atau alat kelamin
  • Kehilangan warna dalam retina mata (warnanya menjadi putih)
  • Vitiligo juga dapat mempengaruhi sel-sel pigmen yang merupakan bagian dari sistem dalam telinga, yang dapat menyebabkan parsial atau kehilangan pendengaran total.

Gejala diatas perlu Anda ketahui agar Anda mengetahui jika suatu saat Anda terkena vitiligo.

Pengobatan vitiligo

Saat ini, pengobatan vitiligo yang paling ampuh dan aman hanyalah menggunakan obat herbal. Mengapa demikian? Karena obat herbal mampu bekerja secara efektif dan cepat tanpa ada efek samping apapun, sehingga aman digunakan. Jadi, pilihlah obat herbal sebagai cara pengobatan vitiligo secara alami.

Baca juga :

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai dengan topik. Dilarang meninggalkan link aktif pada kolom komentar.