16.2.17

5 Perbedaan Sakit Pinggang Dan Sakit Ginjal

5 Perbedaan Sakit Pinggang Dan Sakit Ginjal - Jika Anda sering mengeluh sakit pada pinggang, mungkin saja itu bukan sakit pinggang biasa namun merupakan tanda dari sakit ginjal. Ketahui perbedaan sakit pinggang biasa dengan sakit ginjal hanya di artikel ini.

Sakit ginjal dan sakit pinggang dapat menyebabkan rasa sakit yang sangat mirip tetapi memerlukan perawatan yang sangat berbeda. Nyeri pada ginjal dapat menunjukkan jika Anda sedang menderita kondisi serius seperti batu ginjal atau infeksi ginjal. Sedangkan, sakit pinggang biasa tidak terlalu berbahaya, dan bisa diatasi dengan olahraga ringan.

Perbedaan Sakit Pinggang Dan Sakit Ginjal


Membedakan antara sakit ginjal dan sakit pinggang sebenarnya membutuhkan diagnosa medis, tetapi Anda juga dapat mengetahui perbedaannya melalui informasi yang kami sampaikan di artikel ini. Berikut ini adalah 5 ciri atau tanda yang membedakan antara rasa sakit yang disebabkan oleh gangguan ginjal dan nyeri biasa yang berasal dari pinggang Anda:

1. Sakit pinggang biasanya tergolong ringan, tapi sakit ginjal biasanya sangat tajam

Sakit pinggang sering berasal dari merosotnya cakram pada tubuh, yaitu sebuah proses yang terjadi secara perlahan dalam bulan, tahun, atau bahkan puluhan tahun. Sementara itu, sakit pada ginjal berasal dari tekanan yang disebabkan oleh penyumbatan aliran urin.

2. Sakit ginjal akan hilang setelah masalah ginjal teratasi, tapi sakit pinggang biasanya akan tetap ada

Sakit yang diakibatkan gangguan ginjal biasanya akan reda setelah masalah yang mendasarinya diatasi. Berbeda halnya dengan sakit pinggang, yang biasanya akan tetap terasa meskipun sudah berusaha mengobatinya. Namun, itu bukan berarti sakit pinggang tidak bisa disembuhkan. Melalui obat yang tepat, sakit pinggang bisa diobati dan tidak akan terasa lagi di kemudian hari. Baca juga: Obat sakit pinggang

3. Sakit pinggang biasanya dimulai di bagian tengah belakang tubuh dan kemudian menyebar ke bagian sisi

Berbeda dengan sakit pinggang yang dimulai dari bagian tengah, sakit ginjal biasanya dimulai dari satu sisi belakang tubuh, dan menyebar ke tengah. Hal itu karena ginjal terletak di sisi tulang belakang, dan infeksi ginjal atau cedera pada ginjal biasanya dimulai pada sisi kiri atau kanan dan bergerak horizontal ke bagian tengah.

4. Sakit ginjal menyebabkan perubahan pada urin, sedangkan sakit pinggang tidak

Ada perbedaan mencolok pada sakit pinggang dan sakit ginjal, yaitu perubahan yang terjadi pada urin atau air seni. Perubahan urin tersebut meliputi warna urin, bau, instensitas buang air kecil, dan terdapat darah dalam urin.

5. Sakit pinggang biasanya semakin memburuk selama istirahat, sedangkan sakit ginjal tidak

Seperti yang telah disebutkan diatas, sakit pinggang mungkin dapat terasa lebih baik saat melakukan olaharga kecil atau aktifitas yang tergolong ringan, sementara itu, sakit sakit ginjal biasanya akan lebih baik ketika beristirahat, dan dapat menjadi lebih buruk saat berolahraga atau melakukan aktifitas lainnya.

Itulah ke 5 perbedaan antara sakit pinggang dan sakit ginjal yang dapat Anda ketahui. Dengan menyimak informasi dari kami, semoga dapat menambah wawasan Anda tentang sakit pinggang dan sakit ginjal. Terimakasih sudah berkunjung ke situs kami.

Baca juga:


5 Perbedaan Sakit Pinggang Dan Sakit Ginjal 5 Perbedaan Sakit Pinggang Dan Sakit Ginjal

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai dengan topik. Dilarang meninggalkan link aktif pada kolom komentar.