27.7.17

Bahaya Luka Jahitan Yang Mengeluarkan Cairan Atau Nanah

Bahaya Luka Jahitan Yang Mengeluarkan Cairan Atau Nanah

Perlu Anda waspadai dan harus menyadari setelah melakukannya operasi dan dilakukannya jahitan, atau Anda menjahit luka akibat kecelakaan. Luka yang Anda jahit harus benar benar Anda jaga dan lindungi dari berbagai ancaman seperti ancaman dari Bahaya Luka Jahitan Yang Mengeluarkan Cairan Atau Nanah.



Memang setelah Anda melakukan penjahitan terhadapa luka bisa membantu mempercepat proses penutupan luka, namun perlu Anda ketahui bahwa sanya perawatan setelah dilakukannya jahitan juga musti harus ektra berhati-hati, seperti dalam pengunaan obat dan tidak boleh terkena air dalam jangka waktu tertentu, terutama jahitan operasi caesar.

Jahitan yang normal dan sehat tidak akan berdampak apa apa dan tidak timbul raksi apa-apa, namaun apabila Anda merasakan kejanggalan terhadap luka jahitan seperti rasa perih, sakit, dan serasa sakit itu sangat membelit. Berhati hatilah akan gejala seperti itu.

Rasa sakit atau perih yang dirasakan pada luka jahitan bisa jadi itu karena luka jahitan mulai berkotradiksi atau upaya tubuh melawan bakteri yang melai masuk dan mengganggu proses penyembuhan luka atau bisa jadi itu karena benang jahitan yang tidak bisa diuraikan oleh kulit.

Apabila hal ini terjadi dan proses penyembuhan tidak berjalan lancar. tanggapi gejal tersebut dengan berkonsultasi terhadapa dokter Anda untuk mengantisipasi sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi pada bekas luka jahitan.

Bahaya Luka Jahitan Yang Mengeluarkan Cairan Atau Nanah

Bila tidak segera dilakukannya tindakan dan pencegahan maka kemungkinan besar luka jahitan akan terimfeksi dan tentunya akan mengeluarkan cairan atau nanah. Tentu hal inilah yang dapat membahayakan luka jahitan semakin parah.

Berikut ini adalah kemungkinan yang dialami luka jahitan yang mengeluarkan cairan atau nanah. Diantanya adalah :
  1. Menimbulkan bau yang tidak sedap ( bau busuk )
  2. Luka jahitan akan terasa sangat sakit
  3. Luka akan menyebar dan membesar bahkan sampai kedalam
  4. Luka akan sangat sulit untuk disembuhkan, karena kulit yang mulai membusuk
  5. Tumbuh belatung karena bakteri yang berkembang
  6. Kemungkinan besar tidak bisa disembuhkan 
  7. Akan membahayakan organ lain yang ada disekitar area luka
Bila sudah terjadi hal seperti ditas tentunya kita hanya bisa pasrah dan bagaimana dokter untuk mencari cara agar luka cepat sembuh. Namun kali ini saya akan memberikan tips serta cara sederhana perawatan luka bekas jahitan agar tidak mengeluarkan cairan atau nanah.

Tips ini boleh anda lakukan di rumah dan tentunya sangat berguna karena dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Berikut adalah langakah-langkahnya :
  1. Jangan biarkan jahitan terkena air dalam jangkan waktu 24 jam. Hal ini di tunjukan agar luka bisa terhindar dari kemungkinan bakteri yang ada di dalam air, selain itu mengindar dari air sementara ini juga berpengaruh pada proses penetralan kulit yang sedang memproses penyatuan atau meregenerasi sel kulit itu sendri.
  2. Gantilah perban atau pembalut luka jahitan sekali sehari atau ketika perban mulai kotor. Menganti perban juga menjauhkan serta dapat mencegah terjadinya infeksi karena kemungkinan perban itu kotor dan masih ada darah yang keluar dari bekas luka jahitan.
  3. Bersihka area luka jahitan dengan kain atau kapas bersih yang telah di oleskan antiseptik atau air hangat. Tujuan pembersihan ini dilakukan agar luka jahitan tetap steril dan terhindar dari bakteri atau kuman.
  4. Pemberian obat atau salep pengering luka dengan teratur. Tujuannya adalah supaya mempercepat proses penyembuhan, selain itu pemberian salep juga mempercepat proses pengeringan luka jahitan.

Nah demikianlah artikel kali ini tentang Bahaya Luka Jahitan Yang Mengeluarkan Cairan Atau Nanah yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan dapat membatu anda dalam proses penyembuhan.

Infomasi Dunia Kesehatan | Bahaya Luka Jahitan Yang Mengeluarkan Cairan Atau Nanah


0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai dengan topik. Dilarang meninggalkan link aktif pada kolom komentar.