15.7.17

Pertolongan Pertama Saat Terjadi Luka Di Hutan Belantara

Pertolongan Pertama Saat Terjadi Luka Di Hutan Belantara

Hutan belantara adalah suatu wilayah luas yang ditumbuhi pepohonan, baik kecil maupun besar. Dan juga di jadikan tempat tinggal kawanan binatang, seperti burung, serangga, harimau, dan binatang lainnya. Segala bentuk hewan yang mungkin tidak bisa kita temui di lingkungan manusia tinggal, berada di dalam hutan belantara. Semuanya kita golongkan liar, hewan liar dan pepohonan liar.



Ketika anda sedang melakukan perjalan atau mengembara kesuatutempat pastikan anda membawa peralatan P3K. Karena segala bentuk bahaya pasti akan selalu ada di dalam hutan belantara bila kita tidak berhati-hati.

Hutan yang masih terjaga dan alami ini menyimpah keindahan yang sangat sempurna dan indah bila dilihat dari kejauhan, namun tahukan anda.? Bahwa sebenarnya hutang belantara menyimpan sejuta pula bahaya bila anda tidak berhati-hati dan tidak mengikuti arahan seorang pemandu perjalanan saat bertualang.

Rapatnya dedaunan serta semak belukar membuat kita tidak tahu bahaya yang terjadi seperti terjadinya luka, entah itu luka gores atau luka sayat akibat dari gesekan antar dedaunan, atau luka yang cukup serius, seperti luka sayat akibat terjatuh dan menimpa kayu yang tajam.

Namun jangan tenang bila anda terluka, ketua pemandu perjalan anda akan mengobati anda dengan cepat dan tentunya aman, karena mereka sudah berpengalaman. Beragam carapun akan dilakuknya, dan yang lebih ekrim lagi bila anda lupa membawa alat P3K anda juga bisa tertolong olehnya.

Seorang pemandu atau ketua regu perjalan tentunya sudah mengenal banyak denganv cara penangan kecelakaan tanaman obat yang tersedian di alam yang bisa di gunakan untuk pengobatan luka. Pertolongan pertama yang dilakukan adalah :

Bila terjadi luka sayat atau robek seorang pemandu akan melakukan langkah-langkah berikut ini :
  • Menghentikan pendarahan
Menghentikan darah adalah hal yang paling utama yang mesti dilakukan. Kehilangan banyak darah berpotensi mebuat pasien atau korban pusing dan pingsan. Kejadian ini yang tidak di ingingkan oleh pemandu karena akan lebih merepotkan dalam perjalannan.
  • Pengobatan
Pengobatan yang dilakuakan pun sangat tradional karena ketersediaan lata serta obat-obatan. Pengunaan tanamah serta obat obtan herbal akhirnya digunakan, sepeti tanaman daun nampong, babadotan dan masih banyak lainnya yang terdapat dan tumbuh dihutan belantara.

  • Pembalutan luka
Proses pembalutannyapun tidak mengunakan kain kasa, karena tidak bisa di beli di dalam hutan belantara, alternatip lainnya dengan menggunakan pakaian kita yang sedang dikenakan. 

Nah demikianlah Pertolongan Pertama Saat Terjadi Luka Di Hutan Belantara yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat.

Ingat ! jangan lupa selalu membawa alat P3K selama anda melakukan perjalan kehutan apalagi hutan belantara. karena disana tidak menjual antiseptik obat luka semacam betadin, yang ada hanya tanaman herbal.

Informasi Dunia Kesehatan | Pertolongan Pertama Saat Terjadi Luka Di Hutan Belantara

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai dengan topik. Dilarang meninggalkan link aktif pada kolom komentar.