19.8.17

Jangan Menggaruk Perut Saat Hamil

Jangan Menggaruk Perut Saat Hamil

Saat kehamilan memasuki trimester akhir, umumnya kulit akan mengalami peregangan atau yang disebut dengan stretch mark. Pada saat ini, biasanya wanita hamil akan merasakan gatal yang amat sangat pada bagian perut.

Penyebab rasa gatal diperut saat hamil tua sangat beragam, diantaranya yakni kondisi perut yang  semakin membesar, perubahan hormon selama proses kehamilan, serta bisa jadi karena paktor cuaca panas, dan masih banyak lainnya.

Jangan Menggaruk Perut Saat Hamil

Menggaruk menjadi solusi yang tepat menurut para ibu, dengan menggaruk mereka merasa bisa menghentikan sensasi gatal di perut. Kenyataannya, menggaruk kulit saat hamil dapat menimbulkan garis putih, merah, bahkan kehitaman yang membekas di perut secara permanen.

Kondisi tersebut tentulah dapat merusak keindahan kulit dan membuat rasa percaya diri berkurang. Sealin itu, menggaruk juga bisa berbahaya kalau dilakukan secara tidak sadar ( terlalu bernafsu untuk lebih keras menggaruk).

Nah tentunya menggaruk bukan solusi tepat untuk mengatasi gatal di perut, agar kejadian tersebut tidak menimpa Ibu hamil, maka saya akan coba memberikan beberapa solusi yang tepat untuk mengurangi dan bahkan menghilangkan rasa gatal. Simak solusi untuk mengatasi gatal di perut saat hamil berikut ini :

Pakai pakaian yang nyaman digunakan

Saat hamil, sebaiknya Anda jangan menggunkan pakaian yang ketat dan berbahan keras seperti lepis atau bahan lainnya. Ada baiknya Anda Menggunakan pakaian berbahan katun dan longgar agar bisa menyerap keringat penyebab rasa gatal dan menghindari gesekan kasar pada kulit perut.

Lidah buaya

Menggunakan jel dari llidah buaya juga bisa membantu menjaga kelembaban alami kulit disekitar perut, libah buanya juga mampu mencegah rasa gatal dan mengurangi stretch mark atau garis garis putih pada kulit ibu hamil.

Kompres dingin

Jiga Anda mengalami gatal cobalah lakukan  kompres dingin menggunakan kain yang telah dicelupkan kedalam air dingin untuk mengurangi rasa gatal yang berlebeih. Cara ini cukup ampuh meringankan rasa gatal dan sangat mudah dilakukan di rumah.

Olesi minyak zaitun

Selain dengan kompres dingin, Anda juga bisa mengoleskan minyak zaitun terhadapa perut yang gatal kemudian beri pijatan halus agar rasa gatal menghilang, selain itu minyak zaitun juga sangat bagus untuk kulit, karena membantu melembabkan, menghaluskan kulit serta mencegah terjadinya selulit atau stretch marks.


Hindari paparan udara terik

Berada ditempat yang panas atau keadaan cuaca yang panas akan memicu rasa gatal pada ibu hamil, hal ini disebabkan karena metabolisme tubuh mulai memprosusi keringat, jadi pastikan gunakan pelindung dari panas seperti payung atau pakaian yang dapat menyerap keringat.

Hindari mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat memang bisa mengurangi rasa gatal sesaat, namun ini hanya sesaat ketika kita masih mandi, akan tetapi justru mandi menggunkan air hangat lebih berisiko kulit akan menjadi kering dan justru memicu gatal yang berlebih.

Ganti pakaian secara teratur

Ketika pakaian berkeringat, segera ganti dengan yang baru, karena keringat berlebih dapat memicu tumbuhnya bakteri yang membuat kulit makin semakin gatal. gantilah pakaian sebanyak 2 kali sehari, untuk menjaga kelembapan kulit.

Agar kulit terjaga kelembapannya, pastikan Anda juga harus memenuhi asupan cairan setiap harinya. Minum air putih secukupnya, banyak makan buah-buahan, banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C dan E.

Nah jika kelembapan kulit terjaga, niscaya rasa gatal tidak akan mengganggu kehamilan Anda. Demikianlah artikel kali ini tentang Jangan Menggaruk Perut Saat Hamil. Semoga solusi tersebut diatas dapat membantu meminimalisir rasa gatal selama kehamilan dan semoga kehamilannya lancar hingga proses persalinan.

Informasi Dunia Kesehatan || Jangan Menggaruk Perut Saat Hamil


0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai dengan topik. Dilarang meninggalkan link aktif pada kolom komentar.